Lembaga Penelitian

Universitas Lambung Mangkurat

Lembaga Penelitian

Universitas Lambung Mangkurat

Lembaga Penelitian

Universitas Lambung Mangkurat

Lemlit Unlam

Universitas Lambung Mangkurat

Lembaga Penelitian

Universitas Lambung Mangkurat

 

Selamat datang di website Lemlit Unlam

Lembaga Penelitian (Lemlit) Universitas Lambung Mangkurat (Unlam) adalah salah satu lembaga yang ada di Unlam. Lemlit Unlam berdasarkan Statuta Unlam 2003, berfungsi mengkoordinasikan penelitian, membina, dan mengoptimalkan pemanfaatan potensi sumberdaya Unlam melalui kegiatan penelitian.
Kami berharap website ini memberikan manfaat yang besar bagi civitas akademika Unlam maupun masyarakat luas. Bagi civitas akademika Unlam kami akan berusaha memberikan informasi/pengumuman berkenaan dengan kegiatan-kegiatan penelitian. Semoga informasi yang kami unggah di website ini memudahkan dosen untuk mendapatkan informasi tanpa kendala prosedur administrasi di fakultas yang terkadang memerlukan waktu. Bagi masyarakat luas maupun bagi mahasiswa atau sesama peneliti, kami berharap dengan sudah adanya sistem informasi arsip pustaka penelitian dari Kemenristek, yakni LARAS, memudahkan untuk mengetahui perkembangan arah penelitian di Unlam. Semoga harapan-harapan ini dapat tercapai beriring upaya kami memperbaiki diri. Terima kasih...

STAND TERBAIK PADA KEGIATAN PAMERAN PRODUK INOVASI DALAM RANGKA DIES NATALIS UNIVERSITAS GADJAH MADA YANG KE 62 DI YOGYAKARTA PADA TANGGAL 11 -15 OKTOBER 2011

  

Rapat Persiapan Hari Nusantara Tingkat Nasional Tahhun 2014 di Kab. Kotabaru

   

Penerimaan Proposal Program Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat untuk Pendanaan Tahun 2015

Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (Ditlitabmas) Ditjen Dikti memberi kesempatan kepada Dosen tetap Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS) untuk mengajukan proposal hibah Program Penelitian Kompetitif Nasional, Program Penelitian Desentralisasi dan Program Pengabdian kepada Masyarakat untuk Pendanaan Tahun 2015.

Proposal penelitian yang diusulkan harus mengacu pada Buku Panduan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Edisi IX yang dapat diunduh disini (56)

Untuk skim Unggulan Perguruan Tinggi harus mengacu kepada TOR Research IDB yang juga dapat diunduh pada laman ini.

Bagi dosen yang belum mempunyai user dan password dapat mengajukan ke Subag. Prodasi Lemlit Unlam dengan menyerahkan Form Identitas (78) yang telah di isi lengkap. Panduan Pengusulan Hibah Penelitian melalui SIM-LITABMAS dapat di unduh disini (51)

Tahap pendaftaran dan pengunggahan proposal secara online dilaksanakan mulai tanggal 25 Maret 2014 sampai dengan 30 April 2014.

Sesuai dengan ketentuan pada Buku Panduan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Edisi IX Tahun 2013, bahwa pada tahun yang sama, seorang dosen hanya diperbolehkan terlibat pada dua judul penelitian dan dua judul pengabdian kepada masyarakat, yaitu masing-masing satu judul sebagai ketua dan satu judul sebagai anggota atau dua judul sebagai anggota.

Dosen yang masih belum mengunggah laporan akhir, laporan pertanggungjawaban keuangan, dan bahan seminar hasil (artikel ilmiah, borang capaian hasil dan poster) hibah yang diterima pada tahun sebelumnya, tidak diperbolehkan mengajukan proposal baru.

Ketua peneliti/pelaksana yang akan mendaftarkan dosen lain sebagai anggota tim harus mendapatkan persetujuan dari yang bersangkutan melalui SIM-LITABMAS.

Penandatangan MoU antara PT. PLN (Persero) Wilayah Kalselteng dengan Lembaga Penelitian UNLAM Banjarmasin

PT. PLN (Persero) Wilayah Kalselteng secara resmi menjalin kerjasama tentang Penelitian, Pemantauan dan Pengelolaan Lingkungan dengan Lembaga Penelitian Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.  Kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan MoU oleh General Manager PT. PLN (Persero) Wilayah Kalselteng (Ir. Mursalin) dengan Ketua Lembaga Penelitian UNLAM (Dr. Ahmad Alim Bachri, SE, M.Si) pada hari Senin sore tanggal 24 Maret 2014.

turut menyaksikan penandatanganan MoU yang berlangsung di Kantor PT. PLN (Persero) Wilayah Kalselteng diBanjarbaru, Pembantu Rektor IV UNLAM (Prof. Dr. Sutarto Hadi, M.Si, M.Sc), Dekan Fakultas Kehutanan UNLAM (H. Sunardi) dan Dosen Fakultas Kehutanan UNLAM (Dr. Zainal Abidin).  Sedangkan dari pihak PT. PLN dihadiri oleh Engineering Lingkungan dan Keselamatan Tenaga Kelistrikan (Agustinus Tambiring), Manager SDM dan Komunikasi Hukum dan Administrasi (Mahfud Suparta), Manager Bidang Transmisi dan Distribusi (Noor Wahyu), Manager Niaga (Sigit Wicaksono), Manager Perencanaan (Herman Priono) dan Manager Keuangan (Rudi Syafaat).

GM PLN Kalselteng berharap adanya riset pemantauan dan pengelolaan lingkungan di lingkup PLN Kalselteng dapat lebih memaksimalkan pengelolaan lingkungan PLN Wilayah Kalselteng.   “Sejumlah permasalahan seperti susut listrik karena pemakaian illegal, tunggakan, implementasi perda pohon di bawah jaringan listrik dan permasalahan lingkungan kita harapkan ada solusi yang tepat dan bijak dari hasil riset” ungkap beliau.

    

Sosialisasi dan Lokakarya HKI

Sejak bulan Mei 2013 di Lembaga Penelitian (LEMLIT) Universitas Lambung Mangkurat telah berdiri Sentra HKI Unlam, dengan misinya memberikan motivasi, memacu dan menumbuhkan kesadaran bagi peneliti, pengusaha/industri dan masyarakat atas Hak Kekayaan Intelektual sebanyak mungkin. serta melindungi, mengelola dan memasarkan Kekayaan Intelektual baik yang dihasilkan oleh akademisi Universitas Lambung Mangkurat maupun luar Universitas Lambung Mangkurat. Sehubungan dengan hal tersebut, Sentra HKI Unlam mengadakan kegiatan Sosialisasi dan Lokakarya HKI dengan Tema “Peranan HKI Dalam IPTEK Nasional dan Daerah untuk Kemajuan Ekonomi dan Kesejahteraan Masyarakat” yang dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 18 Maret 2014 di Ruang Sidang Rektorat Unlam Lantai 2.

Narasumber pada acara sosialisasi dan lokakarya ini adalah Prof. Dr. Ir. H. Muhammad Ruslan, MS (Rektor UNLAM), H. Djumadi, SH, M.Hum (Ahli Hukum Sentra HKI – Unlam) dan Prof. Dr. Ir. Suprapto., DEA (Ketua Tim Pakar HKI Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Mendikbud).

     

Sosialisasi Peranan Lembaga Penelitian Dalam Pembangunan Daerah di Kab. Batola

 

Musrenbang Pemerintah Kota Banjarmasin

     

Acara Menristek Dalam Rangka Pengembangan Kedelai Yang Didukung Oleh Lembaga Penelitian UNLAM

Musrenbang Kabupaten Kotabaru Tahun 2014

Ketua Lembaga Penelitian UNLAM menghadiri sekaligus menjadi Nara Sumber pada acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kabupaten Kotabaru Tahun 2014 pada tanggal 10 Maret 2014 di Kotabaru.  Selain Ketua Lembaga Penelitian UNLAM, Direktur Evaluasi Pembangunan Daerah BAPPENAS juga menjadi Nara Sumber pada kegiatan Musrenbang tersebut.

 

SURAT EDARAN

NOMOR : 071/UN8.2/PL/2014

Kepada Yth.

Seluruh Dosen Peneliti

Di Lingkungan Universitas Lambung Mangkurat

“ PERSYARATAN & PROSEDUR PEMBAYARAN KEGIATAN PENELITIAN KERJASAMA “

Dalam rangka penertiban administrasi Lembaga Penelitian UNLAM dengan ini disampaikan kepada seluruh peneliti persyaratan pembayaran penelitian kerjasama dengan Instansi Pemerintah, BUMN dan Swasta sebagai berikut :

 

  1. Pembayaran Tahap I
  2. Menyerahkan kontrak asli yang telah di tandatangani pihak mitra kerjasama dengan Ketua Lemlit Unlam
  3. Menyerahkan proposal kegiatan penelitian kerjasama
  4. Semua dokumen diserahkan ke Subag. Prodasi Lemlit Unlam
  5. Validasi dokumen oleh Prodasi
  6. Jika semua dokumen sudah valid, maka blanko permintaan pembayaran oleh Prodasi diajukan ke Ketua Lemlit Unlam  melalui Bendahara Pembantu Lemlit Unlam
  7. Proses pembayaran dilaksanakan melalui Bendahara Pembantu Lemlit Unlam
  8. Dokumen pembayaran semua dipastikan di tandatangani oleh Peneliti, Bendahara Pembantu Lemlit dan Ketua Lemlit
  9. Menyerahkan bukti pengiriman dana kepada Lemlit Unlam

 

  1. Pembayaran Tahap II
  2. Peneliti meyerahkan laporan kemajuan pekerjaan
  3. Ketentuan point 3 s/d 8 berlaku sama dengan Pembayaran Tahap I

 

  1. Pembayaran Tahap III
  2. Penyerahan Laporan Akhir Penelitian yang telah di tandatangani oleh pihak pemberi pekerjaan
  3. Menyerahkan bukti tanda terima penyerahan hasil pekerjaan kepada Mitra Kerjasama
  4. Ketentuan point 3 s/d 8 berlaku sama dengan Pembayaran Tahap I

 

 

Banjarmasin, 10 Maret 2014

Ketua Lembaga Penelitian UNLAM,

Ttd

Dr. Ahmad Alim Bachri, SE, M.Si

NIP. 19671231 199512 1 002